Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Tempat Sewa Gudang Dagangan

Posted by muchammad.sayyidin.s on August 09, 2019
Uncategorized

Apakah anda sedang membutuhkan atau ingin sewa properti berbentuk gudang dagangan? Jika iya lantas apa saja yang sebaiknya perhatikan sebelum memilih tempat penyimpanan tersebut?

Properti bangunan gudang memiliki fungsi untuk menyimpan barang-barang produksi maupun dagangan yang akan kita pasarkan ke konsumen. Sangat penting sekali memilih sewa gudang dagangan karena barang yang kita simpan tidak memiliki waktu yang cukup jelas, tergantung permintaan pasar.

Selain sebagai tempat penyimpanan dagangan, properti gudang juga berfungsi untuk membantu distribusi dan menjaga barang yang keluar. Bahkan tak sedikit perusahaan yang memproduksi suatu barang juga memiliki banyak gudang di berbagai daerah yang berfungsi untuk memperpendek jalur distribusi agar barang cepat sampai kepada konsumen.

Mengingat fungsi gudang yang sangat penting sekali dalam proses pemasaran, kita tidak bisa memilih sembarangan pada sewa gudang dagangan. Ya, karena alasan finansial daripada kita membeli gudang dijual maka alternatifnya adalah dengan menyewa gudang sehingga dana yang lain bisa kita optimalkan untuk memperbesar kapasitas produksi atau biaya promosi. Karena semua akan berpengaruh ke proses distribusi dan tentunya akan berdampak pada pendapatan dan pengeluaran perusahaan.

Hal Yang Mesti Diperhatikan Sebelum Sewa Gudang Dagangan

Secara umum kegiatan di gudang ada penerimaan dan penyimpanan. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan jika akan menyewa gudang untuk penyimpanan dagangan.

Nah, di bawah ini sejumlah hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum menyewa sebuah gudang dagangan untuk bisnis anda.

  1. Lokasi Yang Cocok

Sebelum memilih sewa gudang dagangan, kita perlu memperhitungkan dimana lokasi gudang tersebut berada. Biasanya gudang yang baik adalah berada di dekat pelabuhan sebagai tempat terima dan kirim barang atau juga cukup dekat dengan lokasi pabrik pembuatan atau lokasi lain sesuai apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Karena pemilihan yang sembarangan akan menyebabkan pengiriman tidak efisien karena menempuh jarak yang jauh. Sehingga pilihlah lokasi gudang yang paling dekat dari sumber pengiriman dan juga paling dekat dengan tujuan pasarnya. Dengan cara ini kita bisa menghemat banyak waktu dan biaya.

  1. Pekerja Gudang

Mungkin banyak dari kita yang tidak begitu memikirkan bagaimana pekerja yang ada di gudang nantinya. Sebelum memilih gudang untuk barang dagangan, usahakan juga mempertimbangkan masalah pekerja yang akan mengoperasikan gudang tersebut. Gunakan tenaga yang sudah ahli dalam bidangnya. Lokasi gudang yang cukup dekat dengan industri akan memberikan kemudahan bagi kita untuk mencari tenaga kerja yang sudah ahli.

  1. Infrastruktur

Dalam pemilihan gudang dagangan, kita harus memikirkan banyak faktor seperti faktor infrastruktur. Usahakan gudang yang kita pilih dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan untuk memudahkan segala proses pengiriman barang dagangan. Perhitungkan mengenai ketahanan aspal jalan, ukuran dan masalah lainnya. Usahakan juga lokasi tersebut jarang terjadi kemacetan untuk menjaga efektifitas waktu dan biaya perjalanan.

  1. Faktor Luar Bisnis

Selain memperhatikan faktor bisnis, kita juga harus bisa memperhitungkan faktor dari luar bisnis seperti kebijakan pemerintah setempat. Kita juga harus bisa memahami bagaimana regulasi pemerintah daerah atau regulasi mengenai industri. Hal ini berfungsi untuk menghindari masalah-masalah di bidang hukum yang bisa sangat merugikan perusahaan nantinya. Kita juga harus bisa mulai menganalisa rencana pengembangan wilayah bisnis. Usahakan juga lokasi gudang kita memiliki tingkat keamanan wilayah yang cukup baik.

Beberapa hal tersebut bisa kita terapkan dalam pemilihan sebuah gudang dagangan. Dengan pemilihan bentuk properti gudang yang benar dan naik, maka akan mendatangkan banyak sekali manfaat untuk usaha bisnis yang kita jalankan. Semoga informasi singkat tentang tips memilih tempat sewa gudang dagangan ini bermanfaat untuk anda.

 

Comments are closed.