Mantan Kepala Dinas Kesehatan Gresik Divonis 6 Tahun Penjara Setelah Terbukti Korupsi Rp. 24 Miliar

Posted by muchammad.sayyidin.s on April 02, 2019
Uncategorized

Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Gresik, dr Nurul Dholam, telah dikenakan vonis pidana hukuman elama enam tahun penjara terkait tindak pidana yang telah dilakakukan. Hukuman seberat itu, karena terdakwa terbukti korupsi dana kapitasi Jasa Pelayanan  Kesehatan dari BPJS Kesehatan Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Andrei Dwi Subianto selaku Kepala Sistem Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Gresik, mengatakan dr Dholam dihukum majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya dimana terdakwa telah menerima vonis hukuman penjara selama enam tahun.

Selain itu, terdakwa juga didenda Rp 1 miliar subsider 6 bulan penjara dan harus membayar kerugian kepada negara sebesar Rp 1,956 miliar subsider 10 bulan penjara.

“Majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya sependapat dengan tuntutan Jaksa,” kata Andrie, Selasa (12/3/2019).

Meskipun hal-hal berupa tuntutan dan denda telah diajukan, tim jaksa Kejari Gresik masih mempertimbangkan putusan itu. Andrei beralasan akan koordinasi dengan pimpinannya sebelum menerima putusan hakim.

Sementara itu Adi Sutrisno yang berperan selaku kuasa hukum terdakwa ingin mengajukan banding terkait kasus yang menimpa  dr Nurul Dholam yang bertindak sebagai kliennya

“Kami akan mengajukan banding ke pengadilan terkait kasus ini” kata Adi kepada wartawan.

Telah diketahui, terdakwa dr Nurul Dholam selaku terdakawa melakukan tindak pidana korupsi dengan melakukan pememotongan  dana kapitasi dalam hal ini besaran pembayaran per bulan yang dibayar kepada Jasa Pelayanan Kesehatan tingkat pertama, BPJS sebesar 10 persen di 32 puskesmas se Kabupaten Gresik mulai tahun 2016 sampai tahun 2018.

Akibat dari tindakan korupsi pemotongan Jasa Pelayanan Kesehatan BPJS yang telah  dilakukan oleh terdakwa dalam hal ini oleh dr. Nurul Dholam, maka hal tersebut telah menimbulkan kerugian kepada  negara sebesar Rp 2,451 miliar.rupiah dimana jika dipertimbangkan hal itu berdampak besar terhadap rotasi atau perputaran pad akas Negara. Terdakwa hanya mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 500 Juta rupiah dan dikembalikan selayaknya kepada kas negara.

Demikian berita informasi yang berjudul “Korupsi 24 Miliar Rupiah Mantan Kepala Dinas Kesehatan Gresik Divonis 6 Tahun Penjara”. Semoga Bermanfaat …

Comments are closed.