Wisata Kebun Binatang yang Terkenal di Bali

Posted by muchammad.sayyidin.s on October 08, 2017
Ragam Lifestyle

Wisata Kebun Binatang yang Terkenal di BaliLiburan di Bali bersama keluarga tentu saja banyak pilihan yang ditawarkan. Salah satunya berwisata ke kebun binatang. Wisata dengan mengajak anak-anak mengenal hewan serta melibatkan mereka berinteraksi langsung dengan hewan akan memberikan suasana rekreasi serta edukasi yang dapat meningkatkan pengetahuan anak. Berikut ini tiga wisata kebun binatang di Bali yang cukup terkenal sebagai daftar alternatif jika hendak berkunjung bersama keluarga.

Bali Safari and Marine Park

Objek rekreasi ini merupakan salah satu dari tiga kebun binatang terbaik di Indonesia. Bali Safari Marine Park di nobatkan menjadi wisata terbaik di Bali, dan objek yang di khususkan untuk anak-anak yaitu Safari dan Marine Park.

Lokasi Bali Safari Marine Park yang mempunyai luas 40 hektar berada di Kab. Gianyar Bali. Tempat rekreasi ini memberikan pengalaman berwisata dan bersafari melihat berbagai satwa baik lokal serta satwa dari luar negeri. Terdapat 400 ekor satwa serta 60 species langka yang hampir punah. Satwa lokal yang ada di sini antara lain Burung Hantu, Jalak Putih, Tapir, Babi Rusa, Buaya, Harimau Sumatra dan sebagainya.

Sedangkan satwa Afrika antara lain Kuda Nil, Burung Unta, Singa, Babbon, Zebra, Blue Wildebeest juga tak ketinggalan dari India yaitu Beruang Himalaya, Rusa Tutul, Nilgai dan Black Buck. Jika datang dari luar Bali, pengunjung bisa menginap di dekat kawasan ini di Mara River Safari Lodge.

Fasilitas bermain juga banyak terdapat dikawasan Fun Zone untuk anak-anak dengan usia maksimal 10 tahun diantaranya yaitu Clumbing Car, Mary Go Round, Go Go Bouncer yang bertarif 10 ribu sekali main.

Pengunjung juga dapat menunggang unta bertarif 20 ribu, atau naik gajah keliling dengan tarif 100 ribu, serta memberi makan gajah dan berfoto dengan satwa langka lainnya dengan membayar 20 ribu per sekali foto. Harga tiket masuk Bali Safari & Marine Park untuk dewasa usia diatas 12 tahun Rp 150.000 per orang, anak-anak usia 3 – 12 tahun Rp 135.000 per orang.

Bali Zoo Park – Kebun Binatang Bali

Bali Zoo adalah salah satu kebun binatang terbaik se-Asia Pasifik yang berisi aneka satwa yang hidup sesuai habitatnya. Lokasi kebun binatang Bali zoo Park Gianyar berada di Jl Raya Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar. Letaknya sangat strategis karena berada di tengah kawasan wisata Gianyar. Tempat ini suasananya cukup rindang dan pas sekali untuk berjalan-jalan kaki berkeliling sambil melihat aneka ragam satwa yang terpelihara dengan baik. Bahkan Bali zoo juga merupakan tempat pelestarian satwa yang hampir punah sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Selain aneka satwa yang dapat disaksikan langsung, kita juga digiring untuk menikmati Jungle water play, animal encounters, petting zoo, animal show, elephant safari dan sebagainya. Penataan letak dan desain taman di tempat ini menarik sekali karena begitu rapi dengan adanya jalur pengunjung sehingga memudahkan pengunjung berjalan lebih terarah. Fasilitas kebun binatang ini sangat disukai keluarga karena adanya perpaduan wisatanya dengan wahana air. Miniapolis Jungle water play adalah tempatnya untuk bermain air dengan desain khusus anak-anak.

Di tempat ini anak-anak sangat senang karena bebas untuk memberikan makanan kepada hewan seperti rusa, gajah, serta menonton atraksi burung dan bermain-main bersama kelinci.

Banyak terdapat koleksi hewan hewan yang unik dan langka di kebun binatang ini. Anak-anak bahkan diperbolehkan berfoto dengan hewan pada kegiatan animal encounter. Animal encounter adalah aksi berfoto dengan hewan-hewan yang ada di Bali Zoo. Animal show yang ada di sini merupakan pertunjukan hewan yang berupa atraksi satwa dengan segala kebolehannya tampil lucu, tampak pintar menggemaskan. Sementara petting zoo merupakan tempat untuk memberi makanan para hewan, yang mana aktivitas ini disukai anak-anak.

Harga tiket masuk kawasan Bali Zoo ini untuk dewasa dikenakan Rp.100.000, sedangkan untuk anak-anak hanya Rp80.000. untuk paket night at the zoo dan elephant safari only, dewasa dikenakan Rp.330.000 sedangkan anak-anak Rp 230.000.

Bali Bird Park

Bali bird park memiliki beranekaragam jenis burung dari Indonesia maupun burung dari Afrika serta Amerika selatan. Bali bird park berlokasi di Jl Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan – Gianyar – Bali. Di taman burung ini, dengan area sekitar 2 hektar menampung sejumlah 1000 burung dari sekitar 250 jenis burung yang berbeda. Objek wisata untuk anak di Bali ini juga terdapat berbagai jenis tanaman tropis yang berjumlah sekitar 2000 jenis.

Taman burung ini memiliki koleksi jenis burung langka yang merupakan ikon pulau Bali, yaitu Jalak Bali. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke taman burung ini saat hari biasa berkisar 200 sampai dengan 250 orang per hari, dan saat musim liburan atau high season di Bali, biasanya terjadi lonjakan pengunjung berkisar 400 – 450 orang per harinya.

Wisatawan mancanegara sangat menyukai wisata taman burung Bali ini, terutama wisatawan dari negara Rusia yang memiliki 30 % dari jumlah kunjungan total. Sedangkan wisatawan domestik juga mengalami peningkatan, meskipun kunjungan dari wisatawan domestik tidak signifikan, khusus pada  musim liburan sekolah dan libur Lebaran, wisatawan domestik akan banyak memenuhi taman burung di Bali ini.

Di Taman burung Bali atau Bird Park Bali akan dapat melihat beraneka ragam jenis burung mulai dari jenis burung dari Papua, elang ular bido, Elang Jawa, dan masih banyak lagi burung yang lainnya. Di tempat ini, tidak hanya dapat melihat burung, tetapi bisa juga melihat proses pengembangbiakan burung, mulai dari telur hingga kepada proses pemberian makan.

Aktivitas favorit anak-anak saat berwisata ke taman burung ini adalah foto bersama burung. Tentunya dengan mengajak anak-anak berwisata ke taman burung selain memberikan suasana liburan untuk anak-anak, juga memberikan edukasi dalam pengenalan satwa burung di alam liar. Setelah lelah berkeliling bersama keluarga, di tempat wisata ini tersedia restoran yang pas sekali untuk menyantap makanan. Harga tiket masuk untuk dewasa adalah Rp150.000, dan anak-anak Rp.75.000.

Berwisata ke kebun binatang bersama keluarga di Bali dapat memberikan suasana liburan yang menarik dan seru untuk anggota keluarga. Sedangkan bagi anak, selain liburan yang menghibur dengan melihat satwa, juga dapat meningkatkan pengetahuan mereka. Sepulang dari liburan di Bali tentu membuat pikiran menjadi rileks dan refreshing, serta hubungan antar anggota keluargapun menjadi semakin erat.

Tags: ,

Comments are closed.